Pj Bupati Batang Terima Penghargaan Penjabat Kepala Daerah Kab/Kota Kategori Kinerja Total

Table of Contents

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki kembali mengukir prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2024 dari Kementerian Dalam Negeri dan Tempo Media .

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mengukuhkan posisi Kabupaten Batang sebagai salah satu daerah dengan kinerja terbaik di Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian mengatakan, bahwa penghargaan kepada penjabat kepala daerah yang kinerjanya baik harus diberikan apresiasi.

“Melihat data sekarang Indonesia memiliki 552 pemerintah daerah yang terdiri dari 38 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota. Dari total daerah tersebut, terdapat 275 daerah yang dipimpin oleh penjabat gubernur, bupati, dan wali kota. Dari ratusan penjabat kepala daerah itu, tersaring 17 penjabat bupati dan wali kota, serta 16 penjabat gubernur,” katanya usai menyerahkan Penghargaan di Ballroom The Tribrata Jakarta, Jumat (30/8/2024) malam.

Penjabat kepala daerah berangkat dari adanya Pilkada Serentak untuk mengisi kekosongan pejabat sebagaimana disebutkan UU No. 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Walikota, dan Bupati yang berakhir masa jabatannya tahun 2022.

“Penghargaan kinerja penjabat kepala daerah penilaiannya dilakukan dalam tiga kategori yakni Kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, dan kondisi ekonomi daerah. Selain itu, penilaiannya juga dilihat dari kategori pendapatan daerah dan anggaran yang tinggi, sedang dan kecil,” jelasnya.

Jadi penilaiannya benar-benar adil sesuai kondisi wilayah, pendapatan, dan anggarannya. Apalagi jurinya dari Media Tempo, Ombusman, Brin, dan Kemenpan RB yang pastinya netral.

“Penghargaan tersebut, dimaksudkan memberikan pengakuan atas pencapaian dan prestasi penjabat kepala daerah dalam menjalankan tugasnya. Ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi tim dan menambah semangat bekerja di kalangan pegawai pemerintahan. Sekaligus menegaskan komitmen terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengucapkan, alhamdulillah telah mendapatkan apresiasi penjabat kepala daerah tingkat kabupaten/kota kategori Kinerja Total.

“Kategori Kinerja Total dinilai dari kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, dan ekonomi daerah bisa tercapai kerjasama semua pihak yakni pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan termasuk media dengan perannya masing-masing,” ungkapnya.

Lani berharap, mudah-mudahan ke depan semua masyarakat Kabupaten Batang ada peningkatan kesejahteraan rakyat melalui penigkatan pendapatan dan pengurangan beban pengeluaran masyarakat serta memberikan peningkatan pembangunan keseluruh sektor yang manfaatnya dapat dinikmati bersama. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)

Post a Comment